Hari Ini WIB

Misteri Makam Mbah Priok

Update Friday, April 16, 2010 at 8:03 AM. Dalam topik

Warga Tanjung Priok meyakini makam Habib Hasan atau yang tersohor dijuluki Mbah Priok sangat keramat. Kekeramatan itu bisa disaksikan dalam beragam bentuk. Budi, pengurus makam, awal Maret lalu bercerita, sekitar 1987, pemerintah berencana memindahkan kompleks pemakaman Mbah Priok yang ada di Dobo ke TPU Budi Dharma di Cilincing.



ui onblur="try {parent.deselectBloggerImageGracefully();} catch(e) {}" href="https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhxGMFJh1PG7s1-O-CvKx_leip2J30kemMkak5p_fgkspgavbycfI4yhw8dxafnb6Q34QczhLZEiFgBnEctZx8IyDmeSEFOUWNrwdctHuMkuHx5PNilEZKFa8qMxrYQcrBibaAdmgVpDKU/s1600/PintugerbangHabibhasan.jpg">
Menurut Budi, ketika itu, setiap pekerja yang diperintahkan untuk membongkar makam langsung jatuh sakit. "Karena kejadian itu (jenazah) Mbah Priok masih tetap ada di sini," kata Budi Rabu (10/3) lalu. "Tidak ada pekerja yang berani meneruskan pekerjaan itu."

Konon, di awal wafatnya peristiwa aneh juga kerap terjadi. Begini ceritanya. Mbah Priok meninggal saat perahu yang ditumpanginya dihempas ombak. Tiga rimbongannya tewas seketika. Sedangkan Habib Hasan atau Mbah Priok dan satu temannya bernama Habib Ali terseret ombak ke semenanjung yang saat itu belum bernama. Sayangnya, saat ditemukan warga Mbah Priuk sudah meninggal sedangkan Habib Ali dalam kondisi hidup. Saat itu warga yang menemukan kedua orang itu juga menemukan periuk dan dayung di samping kedua orang itu.

Nah, seketika itu juga warga langsung memakamkan jenazah Mbah Priok. Sebagai tanda makam, warga menjadikan dayung itu sebagai nisannya sedangkan priuknya di letakkan di sisi makam.

Namun, lambat laun dayung yang dijadikan nisan itu berkembang dan menjadi pohon Tanjung. Sedangkan periuk yang tadinya berada di sisi makam terus bergeser ke tengah laut. Warga sekitar mempercayai, selama 3-4 tahun sekali, periuk itu muncul di lautan dengan ukuran makin membesar sampai sebesar rumah.

Tulis Komentar Kamu dibawah, pada Comment as: pilih Name/URL atau pilih Anonymous.

0 Komentar untuk "Misteri Makam Mbah Priok"

Post a Comment